Jasa Mandeley di Palabuhanratu Tehnik Menulis Referensi banyak digunakan untuk menulis acuan. Tetapi ternyata masih banyak yang belum mengenal panduannya. Mungkin Anda salah satunya?
Sekiranya Anda tak jarang menulis makalah atau karya ilmiah, maka Anda perlu belajar Mendeley sehingga Anda bisa mengenal pemakaian mendeley dalam pembuatan makalah atau karya ilmiah. Simak tutorial mendeley selengkapnya!
Mendeley sebagai Teknik Menulis Referensi
Referensi dibutuhkan saat menjalankan teknik menulis buku. Penulis yang menerapkan rujukan akan membandingkan inspirasi, gambaran, dan hasil yang telah dicapai oleh penulis sebelumnya untuk menunjang isi artikelnya. Biasanya referensi dicantumkan dalam format sitasi atau daftar pustaka.
Dikala melaksanakan teknik menulis, referensi yang dicantumkan ditulis secara manual. Penulis akan mengetik huruf demi huruf kalimat yang dikutipnya. Walaupun hal ini cenderung tidak efisien. Belum lagi jumlah kutipan atau referensi yang dicantumkan juga tidak sedikit.
Kemudian ketidakcermatan ketika mengetik juga dapat berimbas pada kesalahan penulisan rujukan. Untuk mengantisipasi hal ini, penulis dapat menerapkan metode-cara pilihan agar penulisan acuan, sitasi, atau daftar pustaka bisa lebih mudah, akurat, dan pesat.
Kemudahan menulis acuan juga didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi. Kini, banyak sekali vendor software yang berbasis comercial software atau freeware yang menyediakan program reference manager. Program hal yang demikian akan memudahkan penulis dalam mencantumkan referensi. Ada berjenis-jenis jenis software yang dapat dipilih untuk mempermudah menuliskan referensi, salah satunya Mendeley.
Dosen telah pasti tidak asing lagi dengan mendeley satu ini. Selain mempermudah dan menguntungkan, mendeley juga mempercepat cara kerja dalam penyusunan daftar rujukan dalam makalah atau karya ilmiah.
Jadi pada kans kali ini akan berbagi bagaimana mengaplikasikan mendeley bagi pemula yang berkeinginan memakai aplikasi satu ini.
Sistem Menggunakan Mendeley
Berikut sistem mengaplikasikan mendeley yang perlu Anda ketahui:
1. Download Mendeley
Sistem download mendeley cukup mendaftarkan e-mail dan password di mendeley di sini atau Anda cukup klik download
2. Buka Mendeley
Sesudah terinstal, Anda bisa langsung membuka mendeley dan akan muncul tampilan halamannya
3. Hubungkan Mendeley ke Word
Langkah berikutnya adalah menghubungkan mendeley ke Ms. Word dengan cara menjalankan install ms Word ke Plugin. Sesudah terdownload, langkah selanjutnya lakukan install. Aku yakin semua banyak yang sudah tahu bagaimana sistem menginstal.
Setelah terpasang dan terintegrasi dengan Ms Word. Barulah dapat dipakai. Ketika kita membuka Word
Dari gambar di atas, Anda sudah dapat melihat ada tambahan menu yang dapat dihasilkan sebagai sistem memakai mendeley nantinya.
4. Kembali ke Mendeley
Berikutnya, Anda diminta untuk kembali ke Mendeley.
5. Membuat Folder
Jadi File PDF yang ada dibuatkan folder lebih-lebih dulu, ini berfungsi untuk memudahkan di progres berikutnya. Untuk membikin folder
6. Drag File
Semua file yang sudah ada, seketika di drag ke aplikasi mendeley.
7. Cek Peralatan File Pada PDF.
Kadang-kadang, banyak file PDF yang tak mempunyai identitas komplit seperti nama penulis, tahun, dan nama jurnal. Apabila hal ini terjadi, maka Anda patut melakukan editing secara manual. Sebaliknya, apabila semua file PDF telah lengkap, maka Anda bisa langsung dan otomatis tertata
8. Menulis Sitasi Cara Otomatis
Langkah berikutnya yakni membuat sitasi referensi secara otomatis. Metode menggunakan mendeley sesungguhnya cukup sederhana. Sebagai berikut.
9. Cari Menu View
Sesudah Anda memilih view, karenanya akan timbul beberapa opsi, seperti gambar di bawah
Nah, anda klik citation style. Bagaimana apabila tak ada style? Jika kasus, ada sebagian yang tidak ada style sitasi. Kalau hal ini terjadi, Anda bisa men-download style di website zotero.
10. Menuliskan Jurnal
Tahap berikutnya mengetikan jurnal yang dituju. Caranya cukup klik jurnal yang diinginkan, dan secara otomatis malahan jurnal akan terdownload. Setelah itu file yang terdownload umumnya dalam bentuk CSL dan bisa dipindah ke folder Local Disk C.
11. Cek Lokasi Meletakan Hasil Jurnal Download
Selanjutnya disinggung sebelumnya, file yang telah terdownload dipindah ke localdisk C, kemudian pilih program file dan pilih mendeley desktop dan pilih cytation style 1.0
12. Sisipkan Sitasi
Adapun bila Anda berharap menyisipkan sitasi, cukup masuk ke menu Ms. Word > Refrence > Insert Citation.
Kemudian ketik Keyword sitasi yang Anda inginkan. Berikutnya, Anda bisa klik keyword atau kata kunci setelah klik oke.
13. Membuat Daftar Pustaka
Langkah terakhir membuat daftar pustaka, merupakan dengan klik Reference > Insert Bibiliography. maka akan secara otomatis daftar pustaka akan tertata sendiri.
Sistem-cara di atas dapat digunakan oleh penulis untuk menambahkan sitasi ketika dalam cara kerja mengerjakan teknik menulis. Cara hal yang demikian lebih efektif dilaksanakan sehingga penulis tidak perlu menulis satu persatu acuan yang diaplikasikan. Beragam ini juga meminimalisasi kekeliruan pengetikan dalam pencantuman acuan.
Dengan memakai cara hal yang demikian, penulis akan lebih cepat dalam menyelesaikan penulisan bukunya. cuma diterapkan untuk melaksanakan teknik menulis, software Mendeley juga dapat dipakai dikala seseorang menulis makalah, jurnal, atau tulisan ilmiah. tulisan yang memakai daftar pustaka, sitasi, dan kutipan bisa diatasi dengan bantuan Mendeley.